Wednesday, September 21, 2011

Kejayaan Sepakbola Indonesia : Iswadi Idris Pemain Legendaris yang Ditakuti Asia


Kebesaran sejarah sepak bola Indonesia, tak bisa melupakan era akhir 1960-an sampai akhir 1970-an. Saat itu Indonesia menjadi kiblat Asia. Dan, salah satu tokoh kebesaran itu adalah Iswadi Idris. Iswadi yang merupakan legendaris sepak bola nasional dan menjadi pemain nasional pertama merumput di luar negeri bersama salah satu klub sepak bola Australia, pernah menjadi ikon Timnas Indonesia era 60-70-an. Pemain yang dijuluki Boncel karena pendek (tinggi 165 cm) ini, termasuk pemain paling berbakat yang dimiliki Indonesia. Karena kehebatannya pula, dia termasuk pemain yang ditakuti Asia. Meski pendek, Iswadi pemain ulet dan cerdas. Dia juga serbabisa. Mengawali karier sebagai bek kanan, tapi dia juga sering dipasang sebagai gelandang kanan. Bahkan di akhir kariernya di timnas tahun 1980, dia malah diplot sebagai sweeper.

Hebatnya, dia bisa menjalani semua posisi itu dengan baik. Bersama Sutjipto Suntoro, Jacob Sihasale dan Abdul Kadir, dia punya popularitas besar di Asia. Itu semua berkat permainan mereka yang memang luar biasa. Bahkan, empat sekawan ini dinilai sebagai penyerang tercepat.

Di masa itu, sepakbola Indonesia sangat dihormati Asia. Bahkan, bersama Burma (sekarang Myanmar, Red), Indonesia merupakan kekuatan utama. Apalagi, timnas Indonesia saat itu sudah biasa bertemu tim-tim besar seperti PSV Eindhoven, Santos, Fiorentina, Uruguay, Sao Paulo, Bulgaria, Jerman, Uni Soviet dan masih banyak lagi.

“Jepang, Korea Selatan dan tim Timur Tengah belum punya cerita. Kekuatan besar dimiliki Indonesia dan Burma,” jelas Iswadi dalam wawancara dengan Kompas.com di PSSI tahun lalu. Tentang berbagai posisi yang dia jalani, Iswadi mengaku bisa menikmatinya. “Posisi yang sering saya perankan adalah sayap kanan. Saya suka menusuk ke gawang lawan. Entah sudah berapa gol yang saya ciptakan, yang jelas lebih dari 100 kalau dijumlah dari awal sampai akhir karier,” jelas Iswadi Idris yang juga pengurus PSSI itu.

Bakat yang dimiliki Iswadi memang istimewa. Dia tak hanya punya kecepatan lari, tapi juga teknik sepakbola yang baik. Selain itu, visi permainan Iswadi juga luas, ditopang kemampuannya memimpin rekan-rekannya. Wajar jika dia segera dijadikan kapten timnas sejak awal 1970-an sampai 1980.

Menjadi pemain sepakbola yang lama membela timnas dan dikenal luas sampai seantero Asia, sebenarnya tak pernah dipikirkan Iswadi. Awalnya dia malah menyukai atletik, karena punya kecepatan lari. Baru pada 1961, dia membaca temannya memperkuat Persija Junior di koran Pedoman Sport. Iswadi yang sejak umur 4 tahun tinggal di Kramat Lima, Jakarta Pusat, kemudian tertarik bermain bola. Awalnya bergabung dengan Merdeka Boys Football Association (MBFA), kemudian ke Indonesia Muda (IM). “Kebetulan rumah saya dekat Taman Ismail Marzuki (TIM). Dulu masih berupa kebon binatang. IM berlatih di Lapangan Anjing, tempat melatih anjing. Akhirnya saya pindah ke klub itu,” katanya.

Iswadi pun semakin menikmati sepakbola, bahkan serius menggelutinya hingga menjadi salah satu legenda Indonesia. “Sepakbola hobi yang berharga. Dulu kami bermain ingin terkenal, juga demi pengabdian kepada bangsa. Jadi semangatnya berlebihan,” terangnya. Selama kariernya sebagai pemain sepakbola, bukan sebuah gol indah yang membuat Iswadi Idris kepikiran sampai sekarang. Justru kegagalannya mencetak gol. Itu terjadi tahun 1972, ketika Indonesia menjamu Dynamo Moscow dalam partai uji coba di Senayan. “Kiper Dynamo adalah penjaga gawang terbaik abad ini, Lev Yashin. Saya bertekad menaklukkannya agar menjadi kenangan terindah. Kesempatan ada, tapi tak saya manfaatkan. Itu penyesalan yang masih terpikir sampai sekarang,” tutur Iswadi.

Waktu itu, dia menerima umpan terobosan dari Sutjipto. Dalam keadaan bebas dengan posisi yang sama, dia biasanya menendang bola ke gawang dan hampir selalu gol. “Tapi karena karisma Lev Yashin, saya seperti tak melihat ada celah untuk mencetak gol. Saya justru mengumpankan bola ke Jacob Sihasale. Dia tak siap, karena biasanya saya menendang sendiri dan gol. Habis pertandingan, pelatih Djamiat Dahlar pun kecewa karena saya menyia-nyiakan kesempatan,” sesalnya lagi.
DIISUKAN KENA SUAP

Menjadi bintang besar memang menyenangkan. Tapi, tak selamanya selalu penuh puja-puji. Demikian juga yang dialami Iswadi. Dia dan rekan-rekannya pernah syok karena diisukan terkena suap, saat membela Indonesia di babak Pra Piala Dunia 1978 lawan Singapura.

Pada pertandingan di Singapura, 9 Maret 1977, Indonesia secara mengejutkan dikalahkan tuan rumah 0-4. Padahal Singapura tim kecil dibanding Indonesia. Sebelumnya, koran-koran Indonesia dan Singapura meniupkan isu bahwa Iswadi dan kawan-kawannya menerima suap.

“Oleh sebuah koran, saya diceriterakan menyelinap lewat jendela keluar dari hotel pemain. Katanya saya mendatangi Karpak, sebuah nightclub di Singapura, dan menerima suap. Itu tak pernah terjadi. Saya dan teman-teman tak pernah menerima suap. Sueb Rizal (pemain seangkatannya, Red) tahu persis saya tak ke mana-mana, karena saya sekamar dengannya. Saya kira, isu suap sengaja diembuskan pihak Singapura agar mental kami turun dan tim Indonesia kacau,” tuturnya.

Kasus itu ternyata berbuntut panjang. Seminggu kemudian, Iswadi memperkuat Persija di Piala Marahalim di Medan. “Kebetulan, sebagian besar pemain timnas Indonesia memperkuat Persija. Begitu kami masuk lapangan, langsung dlempari benda keras oleh penonton. Kami mencoba tabah meski dituduh menerima suap,” jelasnya.

Untungnya, Persija tampil memukau. Setelah mengalahkan juara bertahan dua kali (Australia), kemudian menundukkan Thailand. Para penonton Medan pun akhirnya kembali memberikan dukungan penuh, apalagi PSMS Medan sudah teringkir.

“Di final lawan Jepang, kami seperti membawa nama Indonesia. Penonton memberi dukungan penuh dan kami menang 1-0. Itu pengalaman yang menyenangkan, sekaligus sangat memuaskan. Kami bisa menunjukkan sebagai pemain yang disiplin, meski dihantam isu suap,” ceritanya.

Iswadi sendiri tampil memukau di Piala Marahalim. Tapi, itu hanya salah satu pembuktian atas kehebatannya. Selama 12 tahun kariernya di timnas (1968-1980), dia ikut membuat sepakbola Indonesia disegani di Asia. Sebutannya boleh Boncel, tapi prestasinya mengangkasa.
Karier
Sebagai Pemain

Bersama dengan Sutjipto Soentoro, Abdul Kadir, dan Jacob Sihasale, dikenal dengan sebutan “kuartet tercepat di Asia” berkat kecepatan dan kelincahan mereka yang luar biasa. Iswadi juga terkenal sebagai pemain yang memiliki visi yang luas, disiplin, keras, dan berkarakter, baik di dalam maupun luar lapangan. Karena sosoknya tersebut, ia terpilih menjadi kapten timnas sejak awal 1970 sampai 1980. Tak hanya piawai di posisi gelandang, sejumlah posisi lainnya pun sempat ia lakoni selama membela timnas, mulai dari bek kanan hingga sweeper. Ia pun menjadi pelopor pemain serba bisa yang andal dalam berganti-ganti posisi sebelum diteruskan oleh Ronny Pattinasarani. Berkat kepiawaiannya tersebut Bang Is berhasil menjadi pemain Indonesia pertama yang dikontrak oleh klub asing yaitu Western Suburbs, Australia di tahun 1974-1975.
Sebagai Pelatih

Karier lainnya adalah sebagai pelatih. Ia pernah melatih tim Perkesa Mataram atau Mataram Putra, juga timnas nasional pra-Olimpiade 1988 bersama dengan M. Basri dan Abdul Kadir yang dikenal dengan sebutan “trio Basiska”.
Sebagai Pengurus PSSI

Tahun 1994, Bang Is masuk ke dalam jajaran pengurus PSSI. Sejumlah jabatan pernah dipercayakan kepadanya mulai dari Direktur Kompetisi dan Turnamen PSSI, anggota Komisi Disiplin PSSI hingga Direktur Teknik PSSI. Terakhir ia menjabat sebagai Manajer Teknik Badan Tim Nasional serta tim monitoring bersama Risdianto dan Ronny Pattinasarani.

Berpulang

Iswadi Idris terakhir berdomisili di Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. Ia meninggal dunia di Jakarta, Jumat (11/7/2008) malam, sekitar pukul 20.00 WIB, akibat terserang stroke dan dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta.

Suasana haru meliputi rumah duka Iswadi Idris di Perumahan Buncit Indah, Jl Mimosa II Blok S Nomor 15, Jakarta Selatan. Bintang sepakbola Indonesia era 1960 dan 1970-an itu, harus berpulang, karena sakit stroke, pada Jumat (11/7) malam. Almarhum yang lahir di Banda Aceh, 18 Maret 1948 meninggalkan seorang istri Rahma Tuti serta tiga orang anak, Kusuma Ayu Kinanti, Tubagus Dani Putranto, dan Adinda Snitaningrum Kinasih. Berbagai kalangan insan sepak bola tampak memenuhi rumah duka. Beberapa di antaranya Rony Pattinasarany dan Danurwindo. Menurut Ronny yang pernah menggantikan Iswadi Idris sebagai kapten timnas Indonesia, “Bang Is adalah sosok pekerja keras, kadang-kadang temperamen, namun banyak memberikan wejangan ke kita-kita.” Sementara pelatih Persija, Danurwindo menambahkan, “Pak Is orang yang mempunyai pendirian yang kuat dan berkarakter.” Saat ini jenazah sedang disembahyangkan di Masjid Al Ikhlas yang berada tidak jauh dari rumah duka. Baru pukul 13.00 jenazah akan diberangkatkan ke TPU Karet Bivak. Di sana Noegroho Besoes akan memimpin upacara pemakaman

Dunia sepak bola nasional kembali kehilangan salah satu putra terbaiknya. Iswadi Idris mengembuskan nafas terakhirnya, Jumat (11/7), pukul 20.15 Wib di Rumah Sakit MMC Kuningan, Jakarta Selatan setelah mengidap penyakit stroke yang dideritanya beberapa bulan terakhir ini.

Gelandang serang terbaik yang pernah dimiliki Timnas Indonesia itu meninggal dalam usia 60 tahun. Almarhum yang lahir di Banda Aceh, 18 Maret 1948 meninggalkan seorang istri Rahma Tuti serta tiga orang anak: Kusuma Ayu Kinanti (25), Tubagus Dani Putranto (23), dan Adinda Snitaningrum Kinasih (21). Ayu dan Tubagus telah menyelesaikan kuliahnya, sedangkan Adinda duduk di bangku kuliah Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Salah seorang putri Iswadi Idris, Adinda, menuturkan sebelum dirawat di RS MMC Kuningan, ayahnya sempat dilarikan ke RS Jakarta Medical Center, Buncit, Selasa (8/7) malam. Sejak terjatuh di kediamannya di Perumahan Buncit Indah, Jalan Mimosa II Blok F/15, Iswadi tidak pernah lagi sadarkan diri hingga ajal menjemputnya. Saat mengembuskan nafas terakhir, Iswadi didampingi istri dan ketiga anaknya serta keluarga dekat. Sebelum meninggal, sejumlah tokoh dan rekan Iswadi seperti mantan Ketua KONI Agum Gumelar, Djohar Arifin Husein, Dony Patty dan para mantan pemain sepak bola nasional sempat membesuk almarhum di RS MMC Kuningan.

Menurut Adinda, almarhum akan dibawa ke rumah duka, namun hingga malam ini belum bisa memastikan di mana ayahnya akan dimakamkan.

Manajer Pelita Jaya, Rahim Soekasah yang pernah bersama almarhum Iswadi Idris duduk di kepengurusan PSSI mengatakan sepak bola Indonesia sangat kehilangan sosok yang mencintai sepak bola. “Iswadi memiliki dedikasi yang tinggi dalam memajukan sepak bola di tanah air, hal ini dibuktikan Iswadi yang selalu memantau pemain muda di daerah-daerah agar kelak bisa menjadi pemain nasiona yang andal,” ungkapnya dihubungi melalui telepon selulernya. Iswadi, diakui Rahim, selalu ngotot agar dikirim PSSI menyaksikan setiap pertandingan Liga Indonesia di daerah hanya untuk melihat apakah ada pemain muda berbakat. “Mungkin karena ia dipercaya oleh pengurus PSSI menjadi tim pemantau pemain muda, makanya ia selalu ngotot pergi ke daerah, hal ini dia lakukan hanya ingin melihat tim nasional masa depan Indonesia bisa kembali berjaya,” katanya. Rahim mengaku sempat membesuk Iswadi saat masih dirawat di RS MMC. “Dokter memang sebelumnya sudah menyakinkan bahwa penyakit Iswadi tidak bisa ditolong lagi, karena pendarahan di kepala yang sudah menjalar,” jelasnya
Perjalanan karier

MBFA (1957-1961)
IM Jakarta (1961-1968, 1970-1974)
Pardedetex (1968-1970)
Western Suburbs (1974-1975)
Jayakarta (1975-1981)
Persija (1966-1980)



Data Iswadi
Nama lengkap: Iswadi Idris
Julukan: Boncel, Bos
Lahir: Banda Aceh (Indonesia), 18 Maret 1948
Posisi: Gelandang/bek kanan
No. Kostum: 13
Karier klub: MBFA (1957-1961), IM Jakarta (1961-1968, 1970-1974), Pardedetex (1968-1970), Western Suburb Australia (1974-1975), Jayakarta (1975-1981), Persija (1966-1980)
Karier timnas: 1968-1980
Prestasi: Juara TIM Cup (1968), Merdeka Games (1969), Pesta Sukan (1972), Anniversary Cup (1972), Pemain Terbaik Piala Marahalim 1973

40 comments:

  • Hey You says:
    October 12, 2018 at 3:39 AM

    PROMO NEW MEMBER 20%

    Duta Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yg menyediakan jasa pelayanan untuk permulaan akun permainan judi atau taruhan online kepada anda di duta judi online yg bertaraf International, sahih dan terpercaya hanya di ZeusBola.

    Sebagai Agen Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dengan perseroan Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang penguasa Isle of Man guna beroperasi juga sebagai juru taruhan latihan jasmani sedunia.

    https://agenzeus.net/tips-langkah-bermain-permainan-sabung-ayam-sv388/
    https://agenzeus.net/taktik-cara-bermain-permainan-red-white-atau-merah-putih/
    https://agenzeus.net/panduan-cara-bermain-baccarat-di-oriental-game/

    Ayo daftar sekarang di AgenZeus.net

  • Hey You says:
    October 26, 2018 at 10:39 AM

    PROMO NEW MEMBER 20%

    Kantor Cabang Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yg sediakan jasa layanan buat awal akun permainan judi atau taruhan online bagi kamu di perizinan judi online yang bertingkat International, benar dan terpercaya hanya di ZeusBola.

    Yang Merupakan Agen Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama bersama perusahaan Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh penguasaan Isle of Man guna beroperasi sebagai juru taruhan latihan jasmani sedunia.

    https://bolazeus.net/2018/07/23/panduan-cara-bermain-baccarat-di-situs-judi-online/
    https://bolazeus.net/2018/07/22/cara-daftarkan-link-referral-di-situs-judi-taruhan-online/
    https://bolazeus.net/2018/07/26/panduan-cara-bermain-fantan-terlengkap-2018/

    Ayo daftar sekarang di bolazeus.net

  • Poker Online says:
    December 15, 2018 at 11:08 PM

    ===> BONUS SETIAP SABTU & MINGGU <===

    DONACOPOKER adalah web judi kartu online Indonesia terpercaya dan terlengkap dalam menyediakan game judi online seperti poker online, domino online, bandar ceme online, blackjack online...Bahkan sebagai situs Agen Poker Online uang asli yang menyediakan transaksi dari bank BCA, BNI, BRI, Mandiri, memberikan MINIMAL deposit yang sangat murah dan menyediakan hadiah jackpot setiap harinya dan bisa bermain dengan para pemain dari seluruh kota yang ada di Indonesia, main poker online hanya di DonacoPoker.

    === 1 ID Bisa Main 7 Permainan ===
    artikel poker

    Ayo gabung sekarang di DonacoPoker.net

  • Agen Bola Terpercaya says:
    December 28, 2018 at 1:37 PM

    BONUS 10% EVERY DAY

    Cabang Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yg menyediakan jasa layanan untuk awal akun permainan judi atau taruhan online buat anda di peserta judi online yang berkedudukan International, legal dan terpercaya hanya di agen bola.

    Yang Merupakan Peserta Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dgn maskapai Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang penguasa Isle of Man kepada beroperasi sebagai juru taruhan latihan jasmani sedunia.

    https://agenzeus.com/main-judi-online-deposit-pulsa/

    Ayo daftar sekarang hanya di Zeusbola.biz

  • BabbyChel says:
    May 20, 2019 at 11:53 AM

    Promo Bonus Freechip Ramadhan Situs Online AGEN ZEUSBOLA!

    AGEN ZEUSBOLA MENYEDIAKAN BONUS UNTUK ANDA PARA GAMBLING SEJATI!!!

    CEK SEKARANG JUGA DI ZEUSBOLA UNTUK MENDAPATKAN BONUSNYAAAAA!!!!!!

    Hubungi Contact Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut :

    Link Alternatif : WWW(.)BOLAZEUS(.)COM
    LINE : zeusbola
    Whatsap : 0813-3355-2228
    BBM : BOLAZEUS

  • Ayu Letisya says:
    May 29, 2019 at 11:33 PM

    Ingin Bermian Judi Online Namun Saldo Atm Kosong ?
    Tenang di Zeusbola Kamu Bisa Melakukan Deposit Dengan Pulsa
    Bukan Hanya Dengan Pulsa Saja, Anda Juga Dapat Deposit Menggunakan OVO
    Sangat Membantu Anda Bukan?
    Ayo Segera Daftarkan Diri Anda Dan Jangan Lupa Ajak Teman Anda !!
    Kami Tunggu Kedatangannya yaaa
    Zeusbola Juga Siap Melayani Anda 24 JAM NONSTOP !!

    Hubungi Kami :
    Whats up : 081333552228

    DAFTAR JUDI ONLINE TERPERCAYA

    ZEUSBOLA

    http://bolazeus.com/

  • Meimei Jevi says:
    July 14, 2019 at 2:18 PM

    Bandar Sabung Ayam Online Terpercaya 2019

    Agen Judi Terpercaya Yang Bisa Melakukan Top Up Melalui Via All Bank Lokal Indonesia !!!

    Support Transaksi Bandar Judi Deposit Via OVO, Bandar Judi DEPOSIT VIA PULSA, Bandar Judi Deposit Via Gopay !!

    Zeusbola Selalu Memberikan Fasilitas Mewah & Mantap Untuk Para Penggemar Taruhan Online.

    Hanya Dengan Deposit Pulsa, Gopay & OVO Sudah Bisa Bermain Dan Meraih Keuntungan Yang Besar Jutaan Rupiah Hingga Sepeda Motor !!

    Hubungi Contact Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut :

    Whatsapp Zeusbola

    Link Alternatif ZEUSBOLA : https://zeus303.com/

    Bandar Judi Online Deposit Via OVO


    Bandar Judi Online Deposit Via Pulsa


    Bandar Judi Online Deposit Via Go Pay


    Kujungi Juga :

    https://medium.com/@shellynnita88/

  • dewisari says:
    July 25, 2019 at 11:40 AM

    Ayo bergabung dengan bolavita , hanya disini yg bisa depo via
    Ovo dan tidak ada jam off line nya mempermudah member tidak
    perlu ke ATM lagi... dengan promo2 yg sangat menarik tanpa ribet
    langsung diberikan ^^ sabung ayam pukul mati

    info lbh lanjut :
    whatup : +628122222995

  • CemePoker says:
    July 30, 2019 at 4:31 PM

    BONUS NEW MEMBER 20%

    CemePoker ialah kantor cabang Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yang sediakan beraneka ragam tidak sedikit game dgn 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan juga sebagai perwakilan judi poker dgn rating win tertinggi.
    http://104.248.153.37/ menjamin 100% keamanan seluruh membernya sedang pemain Poker kami dipastikan 100% Player VS Player.
    jangan lengah nantikan sagu hati menarik tiap-tiap bulannya dan bunga referal sebaya pandangan hidup

    https://www.pokerceme.info/daftar-poker-online-deposit-via-ovo/

    Ayo daftar hari ini di cemepoker ---> http://104.248.153.37/

  • Unknown says:
    September 11, 2019 at 3:01 AM

    PokerAyam adalah Sebuah Situs Permainan Poker Online Uang Asli Dimana Anda akan diberikan fasilitas menikmati 7 game dalam 1 akun. Semua permainan yang tersedia menggunakan uang asli yang bisa dilipat menjadi berlipat ganda. Proggressive jackpot hingga ratusan juta rupiah setiap harinya.

    Poker Deposit Pulsa 2019 | IDN Poker Deposit Pulsa | Deposit Via Pulsa | QQ Deposit Pulsa

    Untuk Minimal Deposit :: Rp 10.000,-
    Untuk Minimal Withdraw :: Rp 25.000,-

    Bonus Freechip Pokerayam :
    > Bonus New Member 10%
    > Bonus Deposit Harian 5%
    > Bonus Rake Back Mingguan
    Situs Judi Poker Online Pulsa

    Hubungi Kami
    http://165.22.51.220
    Livechat : PokerAyam
    WA : 081222221680
    LINE : POKERAYAM

  • Doyan Main says:
    September 18, 2019 at 11:17 PM


    Winning 303 Banjir Hadiah Yukz gabung bersama kami dan Dapatkan Langsung

    Bonus New Member Slot 15%
    Bonus New Member Poker 10%
    Bonus New Member Sabung Ayam 10%
    Bonus New Member Sportsbook & Live Casino 20%
    Bonus Deposit 10% Setiap Hari
    Bonus Deposit Sabung Ayam 5%
    Bonus Cashback 5-10%
    Bonus 100% 7x Kemenangan Beruntun Sabung Ayam
    Diskon Togel Hingga 65%
    Bonus Rollingan Slot 1%
    Bonus Rollingan Poker dan Live Casino 0.5%

    Yang Lain Sudah Bergabung...Sekarang Giliran Anda....

    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA: +6287785425244

  • Debi says:
    September 19, 2019 at 3:45 AM

    Belum Pernah Menang Di Agen Poker Manapun?? Jangan Kecewa..Yuk cobain Donaco Poker...
    Permainan Boleh Sama..Hokinya Beda Boss...

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

  • BabbyChel says:
    September 22, 2019 at 2:06 PM

    Bosan Kalah Melulu ?? Gabung Sekarang Di ZEUSBOLA

    ZEUSBOLA MENYEDIAKAN PERMAINAN TERLENGKAP

    SPORTBOOK | LIVE CASINO | SABUNG AYAM | SLOTS GAMES | TEMBAK IKAN | POKER ONLINE

    Dapatkan Fasilitas Dengan Berbagai Jenis Transaksi Terlengkap Di Zeusbola.cc Seperti :

    Judi Poker Online Deposit All Bank Lokal Indonesia
    Judi Poker Online Deposit Via Pulsa
    Judi Poker Online Deposit Via OVO
    Judi Poker Online Deposit Via GOPAY
    Judi Poker Online Deposit Via LINKAJA
    Judi Poker Online Deposit Via Tcash
    Judi Poker Online Deposit Via DANA
    Judi Poker Online Deposit Pulsa
    IDNPoker Online Deposit Pulsa


    Untuk Deposit Juga Bisa Melalui Indomaret, Alfamart, Mkios Ataupun Lainnya ya pak ^^

    Jika Penasaran Segera Langsung Kunjungi Zeusbola.cc & Kami Siap Membantu Anda Dalam Proses Pendaftaran hingga Deposit Menggunakan berbagai Jenis Transaksi yang tersedia Di http://zeusbola.cc/.

    Daftar Judi Kartu Idn Poker Online Terpercaya Di Indonesia
    Link Alternatif Daftar Poker :
    Ihttp://bit.ly/DaftarZeusbola

    Contact Person us :
    Live Chat Zeus Bola : http://bit.ly/LivechatZeusbola
    Whatsapp : http://wa.me/081333555996
    Telegram : http://t.me/081333555996


    #JudiPokerOnlineDepositViaPulsa #JudiPokerOnlineDepositViaOvo #JudiPokerOnlineDepositViaGopay #JudiPokerOnlineDepositViaLinkaja #situsjudionline #judidepositpulsa #judipulsa #situsjudipulsa #Judipakaipulsa
    #JudiPokerOnlineDepositViaTcash #JudiPokerOnlineDepositViaDana

  • Anonymous says:
    October 28, 2019 at 9:29 PM

    Permainan Poker Online Pulsa

    JUDI ONLINE TEXAS POKER
    Juga Taruhan Kartu Tradisional Sakong Online
    Bayar Pakai GoPay
    ========================================================================================================
    Anda Dapat Bermain Setiap Hari dan Selalu Menang Bersama Poker Vita
    Situs Situs Tersedia bebebagai jenis Permainan games online lain
    ---------------------------------------------------------------------------------------------------------
    Kami Terima semua BANK Nasional dan Daerah, OVO&GOPAY Deposit dan Penarikan Dana. Untuk permasalahan apapun Anda selalu dapat menghubungi Tim Support kami, Kami online 24 jam/7 hari untuk menjawab pertanyaan Anda dan menangani masalah apapun
    Whatsapp : 0812-222-2996
    WWWW POKERVITA.FUN

  • Doyan Main says:
    November 6, 2019 at 10:17 AM

    Dapatkan keseruan dengan deposit minimal 10ribu di Donaco Poker...Menangkan bonus jackpot hingga puluhan juta rupiah tanpa ribet...

    Ikuti Promo Menarik Setiap Bulannya dari Donaco Poker...Dapatkan Bonus Chip Setiap Hari....

    Gunakan OVO pay untuk memudahkan dan mempercepat proses deposit anda!!

    Dapatkan Juga Bonus Dari Donaco Poker...
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS KEJUTAN LAINNYA

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

  • Pokervita says:
    January 11, 2020 at 2:18 AM

    Anda sedang mencari situs yang bisa menerima layanan transaksi dan pembuatan akun judi dengan akun Dana? Jika anda sedang mencarinya maka kami sangat merekomendasikan anda untuk bergabung bersama Pokervita. Disini anda dapat dengan mudah melakukan transaksi via dana dan daftar poker pakai dana gratis tanpa di pungut biaya sedikitpun. Jangan khawatir jika anda belum memahami daftar akun pakai dana di Pokervita. Customer servicenya sangat ramah yang bertugas selama 24 jam nonstop siap melayani anda.

    Website Poker Vita menyediakan games terbaik dan terlaris seperti Texas Hold'em Poker, Capsa Susun, Bandar Poker, Domino QQ, Adu Q, dan Bandar Q. Permainan games online lain seperti Sabung Ayam S1288, CF88, SV388, Sportsbook, Casino Online, Togel Online, Bola Tangkas Slots Games, Tembak Ikan, Casino Games juga Tersedia di Website Poker Vita, Hubungi customer service officer kami untuk bantuan mengenai pilihan games yang cocok untuk anda.

    http://167.71.214.170/
    Texas Poker
    Judi Poker
    Sakong Online

    https://www.pokervita1.org/daftar-poker-pakai-dana-hanya-di-pokervita-agen-pkv-games-pokervita.org
    https://www.pokervitablog.site/deposit-judi-online-via-dompet-digital-gopay-dana-linkaja-ovo/

    Kontak Pokervita
    Livechat Pokervita
    WA: 08122222996
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

  • DewaZeus says:
    January 13, 2020 at 3:19 AM

    PROMO KHUSUS MEMBER BARU 15%

    DewaZeus adalah bagian dari situs ZeusBola, yang merupakan mater agen taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Agen Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di bolazeus.

    Sebagai Perwakilan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dengan maskapai Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh orang nomor 1 Isle of Man untuk beroperasi sbg juru taruhan latihan jasmani sedunia.

    https://dewazeus.site/cara-bermain-poker-online-deposit-via-pulsa/
    https://dewazeus.site/situs-agen-taruhan-online-terpercaya-deposit-pulsa/
    https://zeus168.org

    promo sabung ayam

    Kunjungi juga link alternatif maxbet nova88 link alternatif nova88, main langsung maxbet nova88.

  • Doyan Main says:
    January 29, 2020 at 9:58 AM

    Live Casino Winning303 Hadirkan Permainan Casino Kelas Dunia
    Permainan Populer Dunia Semua Kami Hadirkan Disini Seperti :
    -Baccarat
    -Dragon Tiger
    -Sic Bo
    -Roulette
    -Bull Fight
    -Fish Prawn Crab
    -Black Jack
    -Super Fantan
    -Super Hi-Lo
    -Super 3 Picture

    Jangan Sampai Ketinggalan Ya...
    Dapatkan Bonus New Member 20% Langsung...

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Sportsbook
    2. Poker
    3. Slot Online
    4. Lottery/Togel
    5. Sabung Ayam

    Hubungi Kami di :
    Customer Service 24 Jam
    WA: +6287785425244

  • msmcalista says:
    April 21, 2020 at 10:09 AM

    MUSEUMAYAM - AGEN SABUNG AYAM S128, SV388, SLOT ONLINE, CASINO ONLINE DAN POKER ONLINE
    Taruhan Sabung ayam terbesar dengan server terbesar S128 dan Club388
    Nikmati taruhan terbaik secara live dan pasang taruhan anda bersama MuseumAyam

    ==> SABUNG AYAM [ S128 - SV388 ]
    ==> SPORTSBOOK [ SBOBET - MAXBET ]
    ==> KASINO [ SEXY - SBOBET - GD88 - CBO855 - WM ]
    ==> SLOT [ PRAGMATIC - SPADEGAMING - HABANERO - JDB SLOT - JOKER123 ]
    ==> POKER [ POKER - DOMINO QQ - CEME ]
    ==> TOGEL [ SGP - HONGKONG - SYDNEY - MACAU ]
    ==> BOLA TANGKAS [ TANGKASNET - 88TANGKAS ]
    ==> TEMBAK IKAN [ JOKER123 ]

    Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
    * Semua Bank Lokal Indonesia
    * Pulsa Tanpa Potongan
    * OVO
    * Gopay
    * Dana
    * Linkaja

    PROMO TARUHAN SABUNG AYAM TERBARU !
    * BONUS 10% KHUSUS MEMBER BARU SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS WIN BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 7x LOSE BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 5% DEPOSIT SETIAP HARI SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS CASHBACK SABUNG AYAM ONLINE UP TO 10%
    * BONUS REFERAL PERMAINAN SABUNG AYAM ONLINE 5%
    NB : Peraturan Dan Syarat Bonus Dapat Berubah Sewaktu-Waktu Tanpa Pemberitahuan Terlebih Dahulu. Mohon Selalu Untuk Melihat Halaman Promo Kami.

    Contact Resmi MuseumAyam --> https://linktr.ee/museumgame
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

  • Mr Sun says:
    April 22, 2020 at 10:04 PM

    Donaco Poker

    Merupakan salah satu Agen Poker Online paling baru

    Salah satu dari Server Poker Terpercaya, Terbaik dan Paling Bagus dan sudah Terbukti kualitasnya .

    Menyediakan 5 jenis bank lokal ( BCA, BNI, BRI, MANDIRI, DANAMON )

    PERMAINAN 1 ID BISA BERMAIN 7 PERMAINAN
    1. POKER ONLINE
    2. BANDAR CEME
    3. CEME KELILING
    4. DOMINO QIU
    5. SUPER TEN
    6. CAPSA SUSUN
    7. OMAHA

    Silahkan Klik ID Gratis DONACO

    Ayo Coba Sekarang Juga!!

    INFO LEBIH LANJUT :
    WHATSAPP : +6281333555662
    LINE : Donaco.poker

    Salam Kemenangan Untuk Anda.
    Terima Kasih

  • dessy says:
    July 1, 2020 at 11:15 AM

    Pasang Taruhan Online Melalui Agen Judi Terpercaya Indonesia Agens128, Proses Cepat, Banyak Bonus, Online 24 Jam dan Pasti Bayar!
    Sabung ayam
    daftar bisa langsung ke:
    LINE : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

  • Sisil Chintya says:
    July 8, 2020 at 3:28 AM

    ZeusBola - Situs Judi Online Terpercaya
    Tersedia Semua Game Disini
    Menerima Deposit via Pulsa
    Dan Bisa Daftar Dengan Akun E-money
    Pendaftaran : http://zeusbola.pro

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 0822 7710 4607

    Agen Judi Online Depo Pulsa Tanpa Potongan

  • msmcalista says:
    July 8, 2020 at 8:43 AM

    Iri melihat teman menang judi sabung ayam terus? Jangan iri, mari dicoba bertaruh sabung ayam bersama Bandar Sabung Ayam Terbaik & Terpopuler Indonesia Dengan Minimal Taruhan Hanya 10ribu saja. Pelayanan 24 jam dengan kualitas streaming sabung ayam terbaik. Minimal deposit sangat terjangkau hanya 25 ribu rupiah saja. Yuk yang gemar judi sabung ayam bisa gabung dan coba sensasinya kemenangan berapapun dibayarkan.

    Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
    * Semua Bank Lokal Indonesia
    * Pulsa
    * OVO
    * Gopay
    * Dana
    * Linkaja

    PROMO MUSEUMAYAM SITUS JUDI ONLINE TERPERCAYA !
    * BONUS 10% KHUSUS MEMBER BARU SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS WIN BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 7x LOSE BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 5% DEPOSIT SETIAP HARI SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS CASHBACK SABUNG AYAM ONLINE UP TO 10%
    * BONUS REFERAL PERMAINAN SABUNG AYAM ONLINE 5%

    Contact Resmi MuseumAyam
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Agen Togel Sidney
    Museumbola Livecasino
    Sabung Ayam s128
    Museum Toto
    Agen Sabung Ayam Online Club388
    Daftar SV388
    Bandar S128 Resmi
    Sabong Ayam SV388

  • Doyan Main says:
    September 25, 2020 at 1:01 AM

    Hanya dengan deposit 20rb anda sudah bisa bermain permainan slot kesukaan anda bersama kami di WINNING303

    Informasi Lebih Lanjut, Silakan Hubungi Kami Di :
    - WA : 0877 8542 5244

    Melayani LiveChat 7 x 24 Jam Nonstop

  • MBO128NET says:
    February 19, 2021 at 12:43 PM

    SITUS SLOT ONLINE 2021 PROMO BONUS NEW MEMBER 50%

    Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    DAPATKAN BONUS NEW MEMBER 50% KHUSUS GAME SLOT ONLINE.
    AYO CLAIM SEBELUM KEHABISAN
    Periode 15 - 26 Februari 2021

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR TOGEL ONLINE

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

  • msmcalista says:
    March 25, 2021 at 1:22 AM

    Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 9 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

    9 Permainan Dalam 1 Akun
    * Poker
    * DominoQQ
    * Bandar Ceme
    * Ceme Keliling
    * Capsa Susun
    * Super10
    * Omaha
    * Blackjack
    * Superbull

    Promo Terbaru MuseumPoker
    - Bonus Deposit Harian
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
    - Bonus Deposit New Member 20%
    - Bonus Mingguan 0.5%
    - Bonus Jackpot

    Daftar Poker Online

    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Download Aplikasi Poker Online Uang Asli Terpercaya

    Live Chat Poker Online Terbaik Deposit Pulsa dan E-Money

  • SRI WAHYUNI says:
    April 22, 2021 at 3:58 AM

    SITUS JUDI ONLINE TERPOPULER 2021
    👑 www,MBO128,club 👑
    Menyediakan 20 vendor SLOT GAME, 4 vendor BOLA , 11 vendor LIVE CASINO, IDN POKER, TEMBAK IKAN, TOGEL , SABUNG AYAM dan TANGKAS.
    Dengan minimal deposit 10.000 saja ♥
    Kami melayani deposit melalui SEMUA BANK , GOPAY , OVO, DANA , JENIUS, PULSA dan LINKAJA.
    Mari bergabung bersama kami dan nikmati kelebihan mbo128 , seperti :EVENT FREE SPINE SEMUA PROFIDERBONUS TANPA BATAS SETIAP MINGGU!!LAYANAN CS ONLINE 24JAM ( proses depo&wd lancar)
    Untuk mendaftar bisa langsung menghubungi kami di ,
    WhatsApp 085222555128
    LINE ID : agens1288
    TELEGRAM : AgenS128 /  085222555128

  • Club388Slot says:
    June 26, 2021 at 11:50 AM

    SITUS CLUB388 SLOT, CASINO & SABUNG AYAM 2021 TERPERCAYA DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!!

    Link Club388 Slot Pulsa Tanpa Potongan ini memiliki promo bonus slot pulsa dengan mudah melakukan topup pulsa sudah bisa dapat bermain berbagai permainan Slot, Sabung ayam, Casino, Poker dan banyak permainan lain nya untuk di mainkan nihh ..

    Bergabung Game Slot Pulsa Terpercaya dengan depo pulsa tanpa potongan maka bergabung yuk sama kita di link yang ada di bagian bawah ya guys
    minimal deposit pulsa 10rb sudah dapat bermain club388 slot pulsa,
    Bisa menggunakan deposit menggunakan e-money seperti : OVO/DANA/Gopay dan LinkAja
    menyediakkan Deposit Pulsa XL, AXIS, TELKOMSEL Tanpa potongan.
    Minimal Dp 10Ribu
    DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!

    Yuk Buruan Gabung Sekarang Di Club388Cash Situs Slot Online Terpercaya 2021
    Banyak Permainan yang Mudah Menang loh..

    DAFTAR BONUS CLAIM SLOT/SEXY BACCARAT/SABUNG AYAM
    - Bonus New Member 10%
    - Bonus Harian 5%

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    CLAIM BONUS LINK CLUB388 SLOT PULSA TANPA POTONGAN

    Minimal DEPOSIT Rp.10.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    Link Slot Gacor : Tips Slot Gampang Menang

    Link Sexy Gaming : Tips Sexy Baccarat Mudah Menang

    Link Sabung Ayam : Link Alternatif Sabung Ayam

    Kontak yang aktif dengan pelayanan yang ramah dan cepat respown :
    WhatsApp : 081910053031

  • Meimei Jevi says:
    July 4, 2021 at 1:09 PM

    ZeusBola merupakan agen judi bola online dan situs judi online terpercaya dengan Games Terlengkap Di 1 Akun, Resmi dengan permainan Casino Online, Taruhan Bola Online, Slot Online, Idn Live, Joker123 Pulsa Tanpa Potongan, poker online indonesia deposit pulsa, OVO, Gopay, Dana, Linkaja dan Bank Lokal yang memiliki Lisensi Filipina Terpercaya di Indonesia.

    Links Alternatif :
    Daftar Slot Ovo Tanpa Rekening - ZeusBola
    Link Alternatif Zeusbola
    Slot Pulsa Tanpa Potongan - Zeusbola
    Zeusbola Slot Pulsa Tanpa Potongan 2021
    Slot Pulsa 303
    ZeusBola - Bandar Judi Slot Deposit Pakai Ovo

    Contact Person us:
    Whatsapp : +6282277104607
    CS Online 24Jam
    Daftar Zeusbola Akun VVIP

    Semua Pemain Berkesempatan Menang BESAR dengan MODAL KECIL !!!!

  • Mr Sam .. says:
    July 6, 2021 at 11:35 AM

    Kunjungi Result Togel Terupdate Saat ini

    RESULT TOGEL

    Ayo Bergabung bersama kami , 1 id semua permainan ...

    Info lengkap Silakan di add WA : 0877 8542 5244
    Cs 24 Jam Online

  • asmiranda says:
    July 19, 2021 at 12:23 AM

    Jadwal Sabung Ayam Online Filipina Hari Rabu Tanggal 20 Juli 2021
    Kunjungi Segera Situsnya Hanya Di :
    Jadwal Adu Ayam

    Link Jadwal Silahkan Klik Situs Ini » Jadwal Ayam Terupdate

  • Prediksi Togel HK & SGP AKURAT says:
    July 30, 2021 at 10:35 AM

    Hai, buat kamu yang sedang mencari prediksi togel pasti jitu

    Silahkan kunjungi website kami di Prediksi Togel Akurat HK Tanggal 31 Juli 2021 Terima kasih!

    Silahkan kunjungi website kami di Prediksi Togel Akurat SGP Tanggal 31 Juli 2021 Terima kasih!

  • jphunter says:
    August 3, 2021 at 9:05 AM

    Slot Online Ovo merupakan slot online yang bisa melakukan pendaftaran menggunakan slot ovo dapat di claim bonus slot deposit ovo claim bonus slot online terbesar seindonesia

    Permainan yang sangat di minati saat ini
    *GAME ON'FIRE:
    ION CASINO | ION SLOT | 9GAMING | BALAP PLAY | PRAGMATIC PLAY | SLOT88 | LIVE22 | GIOCO PLUS

    Memiliki permainan slot online ovo terlengkap
    Daftar slot ovo dengan 1 user id sudah bisa bermain ke semua permainan Slot Online. Dapatkan Bonus Terbesar Menarik Lainnya..

    Pendaftaran Slot Online Ovo Aman dan Terpercaya
    Slot ovo
    Slot online ovo

    Kontak yang aktif saat ini
    Whatsapp :
    +6281321524689

  • Dewi says:
    August 23, 2021 at 12:03 PM

    50 rb jadi jutawan tunngu apala lagi
    silahan regis dan buktikan sendri ^^
    sudah banyak member2 yg merasakan nya
    New member 10%

    sialhkan hub : WA :+62 812-2222-995

  • Mr Sam .. says:
    October 4, 2021 at 11:16 AM

    Hasil Togel hari ini

    Winning303

    PENAWARAN PROMOSI:
    Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS

    Memberikan Permainan Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi... Yakin anda susah menang??? coba saja di winning303.. Kemenangan tidak akan jauh dari semangat anda!!

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    Website : winning-303,com (ganti koma jadi titik)
    WA:+6287785425244

    Anda Kecewa Beritahu Kami, Anda Puas Beritahu Teman

  • Hanny says:
    October 23, 2021 at 7:18 PM

    ZeusBola - Agen IDN Daftar Dengan BTPN Jenius
    Bisa Deposit Dari Emoney dan Pulsa Tanpa Potongan
    OVO, DANA, LINKAJA, GOPAY dan JENIUS
    Dapatkan Bonus New Member 15%
    Pendaftaran : http://zeusbola20.com

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 0822 7710 4607

    Daftar S128 Menggunakan Bank BTPN Jenius

  • Mr Sam .. says:
    December 9, 2021 at 10:17 PM

    Result Togel


    Winning303

    PENAWARAN PROMOSI:
    Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS

    Daftar Slot Online Deposit Bank Syariah Indonesia - Winning303

    Winning303 Situs Judi Online Deposit Bank BPD Terpercaya 2022

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    Website : http://165.227.54.5/register?ref=192425
    WA:+6287785425244

    Anda Kecewa Beritahu Kami, Anda Puas Beritahu Teman

Post a Comment

© 2011 Ahmad Ribuan Dongoran. Powered by Blogger.