Saturday, August 13, 2011

Pendididkan Pranatal dan Pascanatal

PENDIDIKAN PRANATAL

1. Tanggung Jawab Pendidikan

Imam Ghazali mengatakan “ Anak merupakan amanah bagi kedua orang tuanya, hatinya uang masih suci merupakan mutiara yang masih polos tanpa ukiran dan gambar. Ia siap diukir dan cenderung kepada apa saja yang mempengaruhinya. Jika ia dibiasakan dan diajarkan untuk berbuat baik maka akan tumbuh menjadi anak yang baik, begitu juga sebaliknya.

Allah telah memerintahkan orang tua untuk mendidik anak – anak mereka, seperti dalam Firman Allah ( At-Tahrim : 6 ).

Untuk itu kita harus mencurahkan segala upaya untuk meluruskan anak – anak kita.

2. Menikah Dengan Wanita Shalihah dan Pendidik.

Orang yang hendak menikah, hendaklah terlebih dahulu
mempertimbangkan pasangan yang akan diajak untuk membangun keluarga. Hal – hal yang perlu diperhatikan yaitu factor Agama, keturunan, harta, dan rupa.

Factor tak kalah penting membantu sang ayah mendidik anaknya adalah istri yang shalihah yang dapat memahami fungsinya sebagai orang tua yang akan menjadi panutan anak – anaknya. Wanita yang berkarakter shalihah akan menyenangkan hati dan dapat dipercaya untuk menjaga diri dan mampu menjaga harta suami serta mampu mendidik anak dengan baik.

3. Pernikahan

Pernikahan merupakan nikmat yang dianugerahkan Allah kepada manusia. Ini merupakan sunnah para Rasul. Allah berfirman dalam surat ( Ar-Rum : 21 ).

Pernikahan Islam bukan hanya sekedar memenuhi kebutuhan biologis, pernikahan islam mempunyai tujuan luhur yaitu :

Memperbanyak jumlah kaum muslimin dan membahagiakan hati Nabi
Menjaga kesucian jiwa dan mendekatkan diri kepada Allah
Membentuk generasi muslim
Melanjutkan keturunan umat manusia

4. Jima’ ; Mengharapkan Anak Shalihah

Andaikan salah seorang diantara mereka ketika mendatangi isterinya lalu mengucapkan “ Bismilahi Allahumma….dst. ( Dengan nama Allah, ya Allah jauhkanlah setan dari kami dan jauhkanlah setan dari apa yang dianugerahkan kepada kami ), lalu dari hubungan itu ditakdirkan lahir seorang anak, maka ia tidak akan diganggu oleh setan, insyak Allah.

5. Pahala Memberi Nafkah Isteri Dan Anak

Pemberian nafkah mempunyai pengaruh baik dalam proses pendidikan, pemberian nafkah tanpa berlebihan dan tidak terlalu kikir hal ini bisa menjadikan pelajaran untuk membelanjakan harta sesuai dengan kadar kemampuan, dan menjadi pengaturan yang baik mengenai perekonomian rumah tangga.

6. Anak Yang Belum Berwujud

Setelah menikah, maka keduanya memohon agar dikaruniai keturunan yang baik. Apabila pasangan tersebut belum dianugerahkan anak, maka mereka mestinya menambah kesabaran dan berdoa dengan sungguh – sungguh. Allah berfirman dalam surat ( Al- Insan : 1 ) artinya : “ Bukanlah telah datang atas manusia suatu waktu dari masa, sedang dia ketika itu belum merupakan suatu yang bias disebut.”

7. Anak Yang Masih Berupa Nutfah

“ Sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur, yang kami hendak mengujinya, karena itu kami jadikan ia Mendengar dan Melihat “. ( Al – Insan : 2 ). Ayat diatas mengajak manusia berfikir tentang asal mulanya dan tentang materi yang tersusun menyatu, agar ia menyadari nikmat Allah. Sehingga ia tidak sombong, dan menolak untuk beribadah kepada Allah.

8. Sekilas Tentang Penciptaan Dan Perkembangan Janin Dalam Rahim

Setelah terjadi pembuahan antara sel sperma dan indung telur, mulailah terjadi proses pertama pembentukan janin. Rasullallah bersabda,

“ Sesungguhnya anak manusia itu diciptakan pertama kalinya didalam perut ibunya selama empat puluh hari dalam bentuk Nuthfah. Kemudian ia tersusun menjadi sesuatu yang menggantung, dan kemudian menjadi segumpal daging. Setelah itu diutuslah seorang malaikat meniupkan Ruh kedalamnya dan diperintahkan untuk menetapkan 4 hal : Menulis Rezekinya, Ajalnya, Amalannya, dan Sengsara 1 Bahagianya”.

( HR Bukhari M )

9. Pengaruh Orang Tua Yang Shalih Terhadap Anak

Keshalihan kedua orang tua merupakan teladan yang baik bagi anak, mempunyai pengaruh yang besar terhadap kejiwaan anak. Apabila orang tuanya ada kerjasama antara keduanya untuk hal tersebut. Maka anak ikut tumbuh pula dalam ketaatan dan kepatuhan kepada Allah karna mencontoh kedua orang tuanya. Inilah yang ditegaskan oleh ayat yang mulia, “ Sebagian keturunan menyerupai turunannya”. ( Al- Imran : 34 )

10. Anak, Perhiasan Kehidupan Sekaligus Fitrah

Anak adalah karunia dari Allah, mereka adalah perhiasan kehidupan, akan tetapi kita dapati orang – orang kafir tertipu oleh perhiasan ini. Mereka lalai terhadap Allah. Allah berfirman “ Harta dan anak – anak adalah perhiasan kehidupan dunia.akan tetapi amalan – amalan yang kekal lagi baik adalah lebih baik pahalanya disisi rabb mu, serta lebih baik untuk dijadikan harapan “. ( Al- Kahfi : 46 )

Jangan sampai kecintaan kepada mereka melalaikan mereka dari perintah dan larangan allah, dan jangan sampai mereka justru jadi penyebab kemungkaran allah.

“ Dan ketahuilah, bahwa hartamu dan anak – anak mu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya disisi allahlah pahala yang besar.” ( Al – Anfal : 28 )

PENDIDIKANPASCANATAL

Proses Persalinan

Seorang ibu yang menghadapi kelahiran bagi pasti merasakan betapa lelah, baik secara fisik maupun kejiwaan. Detik – detik ketika melahirkan merupakan saat – saat genting bagi pasutri. Seorang wanita pada saat-saat seperti ini sangat perlu menghadapkan diri kepada Allah memanjatkan doa secara sungguh – sungguh dan ikhlas serta memperbaharui taubat Nasuha. Agar dimudahkan proses bersalinnya, dan diberikan kekuatan menahan rasa sakit insya Allah pertolongan Allah tidak pernah berhenti dan rahmat Nya tidak pernah terputus sekejap pun. Inilah yang diisyaratkan oleh Firman Allah “ Kemudian ia memudahkan jalannya “.( Abasa : 20 ).

Sang janin keluar dari perut ibunya dan masa kehidupan janin pun berakhir sudah untuk memulai kehidupan yang baru. Dari sini mulai mempunyai hak – hak yang menjadi kewajiban bagi orang tuanya, yaitu sebagai berikut :

1. Hari Pertama Kelahiran Bayi

a. Upacara Selamat Atas Kelahiran Bayi

Orang – orang sekitar akan memberikan salam ucapan kebahagiaan, sebagai upacara selamatnya para Malaikat yang disampaikan utusannya yang mulia.

b. Kumandang Adzan Ditelinga Kanan dan Iqomah Ditelinga Kiri.

Rahasia dan hikmah dari hal itu yaitu :

Ø Adzan merupakan bagian dari syiar- syiar Islam

Ø Pemberitahuan tentang islam agama Allah

Ø Agar suara yang pertama- tama didengar sang bayi adalah kalimat –

kalimat yang berisi kebesaran Allah dan keagungan Allah serta syahadat yang pertama – tama memasukkannya kedalam Islam.

Ø Agar seruan menuju Allah, itu mendahului ajakan setan.

2. Hari Ketujuh

Memberi Nama.

Memberikan nama yang baik dan julukan yang mulia, hal itu akan benar – benar terpatri didalam jiwa sejak pertama kali mendengarnya

Mencukur Rambut

Rasullullah pernah berkata kepada Fatimah ketika melahirkan hasan, “ Wahai fatimah cukurlah rambutnya lalu bersedekahlah dengan mengeluarkan perak seberat timbangan rambutnya “.

Aqiqah

Keuntungan Aqiqah dan hikmahnya yaitu :

ü Mengikuti ajakan untuk menjadi dermawan dan mengendalikan diri dari sikap bakhil

ü Sebagai penebus gadaian sang bayi yang dilahirkan itu, karena ia bergadai oleh Aqiqahnya.

ü Sebagai pengobatan anak itu sendiri dijalan Allah, seperti yang pernah dilakukan Nabi Isma’il.

Khitan

Khatthabi mengatakan khitan termasuk amalan sunnah namun Rasullullah bersabda “ Barang siapa yang masuk islam, hendaklah ia berkhitan sekalipun sudah tua”. Bias dikatakan bahwa khitan merupakan kewajiban, sebab merupakan lambing syiar Agama agar sang bayi dapat Sya’faat dan mengikuti jejak Nabi.

3. Menyusui Hingga dua Tahun

Seorang ibu wajib meyusui anaknya, karena sang bayi sangat membutuhkan sentuhan lembut dari ibunya. Allah berfirman dalam surat Al – Baqarah : 233, yang artinya : “ Para ibu hendaknya menyusukan anak – anaknya selama 2 tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan “.

Allah mewajibkan ibu untuk menyusui anaknya selama 2 tahun penuh, sebab Allah swt tahu bahwa periodeini sangat penting dari berbagi aspek, baik kesehatan maupun kejiwaan, ASI akan membentuk sang bayi secara baik. Beberapa keistimewaan menyusu ASI yaitu :

ü Bayi yang menyusui ASI, akan terbebas dari ancaman penyakit

ü Bayi menetek air susu yang bersih dan steril

ü ASI adalah air susu yang tidak dingin dan tidak panas

ü Memberikan Anti bodi khusus

ü Menumbuhkan kasih saying dan kemesraan tersendiri derta akan semakin menguatkan ikatan perasaan antara ibu dan bayi.

4. Hak Pengasuhan Bagi Ibu

Dalam hal mengasuh ibu dalam hal ini lebih mampu dari pada kaum pria, karena memang mereka diciptakan, mempunyai kemampuan seperti itu. Ditambah lagi dengan adanya sifat kelembutan, kasih sayang, kesabaran, ketabahan, yang dimilikinya.

5. Pembina Kepribadian Dari 2 ( Dua ) Tahun Hingga Baligh.

Tempat yang paling subur bagi pembinaan pendidikan adalah fase kanak –

kanak yang merupakan fase terpanjang.

a. Pembinaan Aqidah

Ada 5 ( Lima ) pilar mendasar didalam menanamkan Aqidah, yaitu :

ü Mendikte anak dengan kalimat tauhid

ü Mencintai Allah, memohon pertolongan Allah, merasa diawasi oleh nya. Serta iman kepada Qodo – Qodar

ü Menanamkan kecintaan terhadap Nabi

ü Mengajarkan Al – Quran

ü Menanamkan Aqidah yang kuat

b. Pembinaan Ibadah

Ibadah kepada Allah akan memberikan penyarul yang mengagumkan pada jiwa anak hatinya akan senantiasa tenang terutama ketika ia mendengarkan Al Qur’an, melaksanakan Shalat dan Puasa. Kanak – kanak adalah masa persiapan, latihan dan pembiasaan untuk masa taklif, ketika ia baligh. Dengan begitu pelaksaan kewajiban akan terasa ringan, karma sudah terbiasa sebelumnya. Contoh dalam kehidupan sehari – hari :

ü Shalat

Ø Memerintahkan Shalat dan mengajarinya Shalat

Ø Memukul anak jika enggan Shalat

Ø Mendidik anak agar menghadiri Shalat Berjama’ah

c. Pembinaan Akhlaq

ü Adap sopan santun

ü Jujur

ü Menjaga rahasia

ü Amanah

ü Lapang dada

ü Tidak mendengki

d. Pembinaan Perasaan

ü Kecupan dan kasih sayang kepada anak

ü Bermain dan bercanda kepada anak

ü Membelai kepada anak

ü Menyambut kedatangan anak

ü Adil dalam mencintai anak tidak lebih atau tidak kurang, dll…

“ Semoga Allah memberikan anak shalih dan shalihah kepada kita yang akan membantu kita dalam mentaati Allah, mengingatkan kita mana kala lupa serta memberikan nasihat kepada kita manakala kita jauh dari Agama.” Amin ya Rabb…
eeemhhh....kayak gene ne....akur..wheheheh...!!!!


0 comments:

Post a Comment

© 2011 Ahmad Ribuan Dongoran. Powered by Blogger.